Pengaruh Komunikasi Media Sosial Terhadap Perspektif pada Merek Samsung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh
Komunikasi media sosial yang dibuat oleh perusahaan (Firm-created
Communication – FCC) dan pengguna (User-generated Communication –
UGC) terhadap perspektif pengguna akan ekuitas merek dan sikap merek
yang berdampak pada minat beli produk Samsung. Populasi penelitian ini
adalah pengguna yang tidak menggunakan produk Samsung untuk
menggambarkan minat beli produk Samsung. Obyek penelitian ini adalah
komunikasi media sosial yang dibuat oleh perusahaan dan pengguna tentang
produk Samsung. Sampel penelitian sebanyak 218 responden merupakan
responden yang bukan pengguna Samsung dan yang pada saat penelitian
berdomisili di Jawa maupun Luar Jawa. Data hasil penelitian selanjutnya
dianalisis dengan Structural Equation Model (AMOS v 23). Berdasarkan
hasil penelitian diketahui bahwa Komunikasi media sosial yang dibuat
perusahaan secara positif mempengaruhi sikap merek. Komunikasi media
sosial yang dihasilkan pengguna secara positif mempengaruhi ekuitas merek
dan sikap merek. Sikap merek secara positif mempengaruhi ekuitas merek.
Ekuitas merek dan sikap merek secara positif mempengaruhi niat pembelian.
Namun, Komunikasi media sosial yang dibuat oleh perusahaan tidak
berpengaruh pada ekuitas merek. Studi ini mengungkapkan bahwa
Komunikasi yang dibuat oleh pengguna lebih berpengaruh pada minat beli
melalui ekuitas dan sikap merek. Di mana ekuitas dan sikap merek
merupakan hal yang penting dalam minat beli sebuah produk.
Collections
- Management [4552]