Show simple item record

dc.contributor.authorSaroni, Risella Choirunnisa
dc.date.accessioned2023-11-22T07:20:25Z
dc.date.available2023-11-22T07:20:25Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/45879
dc.description.abstractSaroni, Risella (2023). Pengaruh Endorsement Influencer di Instagram terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Yogyakarta (Perbandingan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia dan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta di Yogyakarta) (Skripsi Sarjana). Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. Fenomena Endorsement merupakan bentuk layanan digital marketing yang banyak disukai oleh audiens karena berfokus terhadap teknik bauran pemasaran. Influencer merupakan strategi pemasaran yang menggunakan media sosial yang manfaat audiensnya. Sosial media Influencer digambarkan sebagai sebuah fenomena baru karena social media Influencer memiliki target audience yang khusus (Ikayanti, 2020). Terdapatnya Endorsement yang dilakukan oleh seorang Influencer di media sosial Instagram bisa memberikan pengaruh gaya hidup konsumtif mahasiswa karena sekarang mahasiswa sering menghabiskan waktu menggunakan media sosial Instagram untuk menglihat fashion yang terkini dengan adanya itu bisa mempengaruhi tindakan mereka. Gaya hidup konsumtif pada mahasiswa bisa dipengaruhi oleh kegiatan yang dilakukan mahasiswa untuk mengkonsumsikan barang secara berlebihan yang tidak terlalu perlu digunakan. Penelitian ini juga menggunakan perbandingan dua universitas terkenal yang berada di kota Yogyakarta yaitu Universitas Islam Indonesia dan Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh endorsement influencer di Instagram terhadap gaya hidup konsumtif mahasiswa di Yogyakarta dan ingin Mengetahui perbandingan mahasiswa Universita Islam Indonesia dan Universitas Negeri Yogyakarta tentang pengaruh Endorsement Influencer di Instagram terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori Endorsement Influencer di instagram dan Gaya Hidup Konsumtif. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif. Metode yang dipakai dalam penelitian ini sendiri yaitu metode survey. Sampel dari dua universitas yang dibutuhkan untuk penelitian ini berjumlah 156 Responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdapat tiga analisis data yaitu uji Instrumen, uji Prasyarat dan uji Hipotesis. Uji instrumen terdapat uji lagi yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat terdapat rata-rata, standar deviasi, uji linieritas. Sedangkan uji Hipotesis terdiri uji korelasi, regresi linear, uji homogenitas data, uji kesamaan dua rata-rata (Uji t). Hasil Penelitian uji Regresi Linier pada mahasiswa Universitas Islam Indonesia sebesar 0,010. Maka dinyatakan bahwa Ha diterima yang bisa Endorsement Influencer di instagram memiliki pengaruh terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Selain itu pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta sebesar 0,001, maka dinyatakan Ha diterima yang bisa Endorsement Influencer di instagram memiliki pengaruh terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. hasil uji perbandingan pada variabel Endorsement Influencer (X) selisih 3,308, senggakan pada variabel Gaya Hidup Konsumtif selisih 0,262. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa Universitas Islam Indonesia lebih besar nilainya dari Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEndorsement Influenceren_US
dc.subjectMedia sosial Instagramen_US
dc.subjectGaya Hidup Konsumtifen_US
dc.titlePengaruh Endorsement Influencer di Instagram terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Yogyakarta (Perbandingan Mahasiswa Universitas Isla Indonesia dan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta di Yogyakarta)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19321019


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record