Pengaruh Endorsement Influencer di Instagram terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Yogyakarta (Perbandingan Mahasiswa Universitas Isla Indonesia dan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta di Yogyakarta)
Abstract
Saroni, Risella (2023). Pengaruh Endorsement Influencer di Instagram terhadap Gaya
Hidup Konsumtif Mahasiswa Yogyakarta (Perbandingan Mahasiswa Universitas Islam
Indonesia dan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta di Yogyakarta) (Skripsi
Sarjana). Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya,
Universitas Islam Indonesia.
Fenomena Endorsement merupakan bentuk layanan digital marketing yang banyak
disukai oleh audiens karena berfokus terhadap teknik bauran pemasaran. Influencer merupakan
strategi pemasaran yang menggunakan media sosial yang manfaat audiensnya. Sosial media
Influencer digambarkan sebagai sebuah fenomena baru karena social media Influencer
memiliki target audience yang khusus (Ikayanti, 2020). Terdapatnya Endorsement yang
dilakukan oleh seorang Influencer di media sosial Instagram bisa memberikan pengaruh gaya
hidup konsumtif mahasiswa karena sekarang mahasiswa sering menghabiskan waktu
menggunakan media sosial Instagram untuk menglihat fashion yang terkini dengan adanya itu
bisa mempengaruhi tindakan mereka. Gaya hidup konsumtif pada mahasiswa bisa dipengaruhi
oleh kegiatan yang dilakukan mahasiswa untuk mengkonsumsikan barang secara berlebihan
yang tidak terlalu perlu digunakan. Penelitian ini juga menggunakan perbandingan dua
universitas terkenal yang berada di kota Yogyakarta yaitu Universitas Islam Indonesia dan
Universitas Negeri Yogyakarta.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh endorsement influencer di
Instagram terhadap gaya hidup konsumtif mahasiswa di Yogyakarta dan ingin Mengetahui
perbandingan mahasiswa Universita Islam Indonesia dan Universitas Negeri Yogyakarta
tentang pengaruh Endorsement Influencer di Instagram terhadap Gaya Hidup Konsumtif
Mahasiswa di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori Endorsement Influencer di
instagram dan Gaya Hidup Konsumtif. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif. Metode
yang dipakai dalam penelitian ini sendiri yaitu metode survey. Sampel dari dua universitas yang
dibutuhkan untuk penelitian ini berjumlah 156 Responden. Teknik analisis data dalam
penelitian ini terdapat tiga analisis data yaitu uji Instrumen, uji Prasyarat dan uji Hipotesis. Uji
instrumen terdapat uji lagi yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat terdapat rata-rata,
standar deviasi, uji linieritas. Sedangkan uji Hipotesis terdiri uji korelasi, regresi linear, uji
homogenitas data, uji kesamaan dua rata-rata (Uji t).
Hasil Penelitian uji Regresi Linier pada mahasiswa Universitas Islam Indonesia sebesar
0,010. Maka dinyatakan bahwa Ha diterima yang bisa Endorsement Influencer di instagram
memiliki pengaruh terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Indonesia.
Selain itu pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta sebesar 0,001, maka dinyatakan Ha
diterima yang bisa Endorsement Influencer di instagram memiliki pengaruh terhadap Gaya
Hidup Konsumtif Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. hasil uji perbandingan pada
variabel Endorsement Influencer (X) selisih 3,308, senggakan pada variabel Gaya Hidup
Konsumtif selisih 0,262. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa Universitas Islam
Indonesia lebih besar nilainya dari Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.
Collections
- Communication [990]