Show simple item record

dc.contributor.advisorBaziedy Aditya Darmawan, S.E., M.M.
dc.contributor.authorArdynasari, Gaby Putri
dc.date.accessioned2023-10-27T05:58:37Z
dc.date.available2023-10-27T05:58:37Z
dc.date.issued2023-10-26
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/45726
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi dalam meningkatkan kinerja bisnis UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan menggunakan teknik non-probability convenience sampling dan metode survei, penelitian ini melibatkan 150 UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Menggunakan pendekatan PLS-SEM, hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi orientasi pemasok dan orientasi pesaing berdampak positif terhadap inovasi bisnis. Selain itu, inovasi bisnis berdampak positif terhadap kinerja bisnis UMKM. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk mempertimbangkan dampak orientasi pesaing, orientasi pemasok, dan inovasi bisnis untuk meningkatkan kinerja usaha UMKM.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectOrientasi Pasaren_US
dc.subjectOrientasi Pesaingen_US
dc.subjectOrientasi Pemasoken_US
dc.subjectInovasi Bisnisen_US
dc.subjectKinerja Bisnis UMKMen_US
dc.titlePENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA BISNIS UMKM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19311334


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record