PENGARUH IKLAN PRODUK MELALUI MEDIA YOUTUBE TERHADAP KESADARAN MEREK, CITRA MEREK, DAN NIAT BELI PADA GENERASI MILENIAL
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh media Youtube
sebagai tempat promosi atau iklan berbagai macam produk terhadap kesadaran
merek, citra merek, dan niat beli oleh generasi milenial di Indonesia. Penelitian ini
berlandaskan pada advertising value theory dan generational cohort theory.
Variabel dalam penelitian ini menggunakan variabel iklan youtube, kesadaran
merek, citra merek, dan niat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner secara daring yang berhasil
mendapatkan responden sebanyak 141 orang. Responden tersebut dikumpulkan
dengan teknik convenience sampling berdasarkan pilihan kriteria usia rentang mulai
dari 18 tahun sampai 40 tahun kelahiran generasi milenial 1982-2004 berdasarkan
teori generasi oleh Strauss-Howe dan menggunakan Youtube sebagai media
hiburan dan saluran informasi. Olah data dari hasil penelitian ini menggunakan
aplikasi PLS-SEM. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh
positif iklan Youtube terhadap kesadaran merek, citra merek, dan niat beli secara
langsung. Citra merek juga memiliki pengaruh terhadap niat beli, namun kesadaran
merek tidak memiliki pengaruh terhadap niat beli. Sehingga hanya citra merek yang
dapat dikatakan sebagai variabel mediasi, sedangkan kesadaran merek tidak.
Penelitian ini dapat menjadi tambahan literasi terkait topik pengaruh iklan Youtube
yang masih sedikit. Bagi pihak perusahaan dapat menjadikan penelitian ini sebagai
dasar kajian untuk membuat pemasaran produk atau merek melalui media digital
menjadi lebih menarik untuk disampaikan kepada konsumen.
Collections
- Management [4548]