PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN SMARTPHONE SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Dalam pengaktifan kembali aktivitas berbelanja masyarakat yang aman, dengan
memanfaatkan teknologi informasi, masyarakat perlu memahami bahwa konteks Covid-19
telah memengaruhi perilaku teknologi masyarakat, dan adanya upaya untuk mengubah
destinasi yang mengacu pada teknologi informasi digital dengan menawarkan masyarakat
untuk menggunakan smartphone saat berbelanja, agar aktivitas berbelanja lebih aman dan
baik. Dengan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap
harapan kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, dan manfaat
yang di dapat pada penggunaan smartphone selama pandemi Covid-19. Model diuji dengan
100 masyarakat, yaitu pengunjung luar Kota Yogyakarta, warga setempat dan mahasiswa
Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari variabel yang di teliti akan
meningkatkan niat masyarakat dalam menggunakan smartphone yang lebih intens terutama
untuk mengakses dalam berbelanja. Masyarakat telah meningkatkan niat mereka untuk
menggunakan smartphone, terutama untuk melakukan pembayaran atas pembelian.
Penelitian ini memajukan pengetahuan tentang dampak COVID-19 pada perilaku
teknologi masyarakat implikasi praktis yang penting, dan menimbulkan pertanyaan penelitian
baru tentang masa depan.
Collections
- Management [4574]