Pengaruh Kehadiran Sosial dalam Live Streaming Shopping pada Pengguna Platform Tiktok terhadap Perilaku Pembelian Impulsif
Abstract
Kehadiran sosial merupakan suatu teori yang menjelaskan tentang keterlibatan diri
dalam interaksi sosial. Meski sering tidak disadari, kehadiran sosial memiliki peran
penting untuk menerangkan kondisi seseorang terhadap hakikat interaksi virtual. Di
samping itu, fleksibilitas kehadiran sosial membuat teori ini acap kali diterapkan
dalam berbagai bidang keilmuan seperti pendidikan, pariwisata, dan-lain-lain di era
digitalisasi seperti saat ini. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menegaskan
pengaruh kehadiran sosial dalam bidang pemasaran terhadap pembelian impulsif
melalui kepercayaan konsumen. Penelitian ini berbasis S-O-R Theory yang
menjelaskan tentang kinerja stimulus, organisme, dan respon konsumen. Studi ini
berfokus pada objek platform Tiktok dan berhasil mengumpulkan data dari 188
responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner pada Google Form dan
diolah menggunakan perangkat lunak SPSS dan PLS-SEM. Variabel yang terlibat
dalam penelitian ini terdiri dari kehadiran sosial live streaming, kehadiran sosial
pemirsa, kehadiran sosial penyiar, kepercayaan konsumen, dan pembelian impulsif.
Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kehadiran sosial live streaming dan
kehadiran sosial pemirsa berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen.
Selanjutnya, kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap
pembelian impulsif. Di sisi lain, tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada
kehadiran sosial penyiar terhadap pembelian impulsif.
Collections
- Management [4550]