MINAT BELI SEPEDA MOTOR VESPA MELALUI FAKTOR MEDIASI SIKAP DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas produk, brand image, negara
asal, dan harga melalui sikap sebagai variabel mediasi terhadap minat beli pada pengguna sepeda
motor merek vespa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain
TRA (Theory of Reasoned Action) yang melibatkan survei pada 224 pengguna sepeda motor merek
vespa di Daerah Istimewa Yogyakarta melalui skala likert dengan rentang usia 18 sampai 60 tahun.
Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik uji normalitas, uji regresi linear
sederhana, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinan (R2), uji signifikansi individual
(Uji statistik T), uji signifikansi simultan (Uji statistik F) dan uji mediasi menggunakan aplikasi
SPSS Statistical Program for Social Science versi 25. Hasil penelitian menunjukkan terdapat
hubungan antara sikap dengan kualitas produk, brand image, negara asal dan harga berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli. Selain itu variabel mediasi yaitu sikap mampu
memediasi hubungan antara kualitas produk, brand image, negara asal, dan harga terhadap minat
beli.
Collections
- Management [4548]