Show simple item record

dc.contributor.authorNugraha, Rega Nanda
dc.date.accessioned2023-10-20T03:24:50Z
dc.date.available2023-10-20T03:24:50Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/45622
dc.description.abstractDengan kemajuan teknologi seperti di zaman sekarang ini, kegiatan berkomunikasi jarak jauh sudah dengan mudah diatasi, lagi pula internet juga sudah mudah didapat. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pebisnis yang ingin meluaskan nama mereknya pada khalayak luas, karena dengan menggunakan jaringan internet, kegiatan komunikasi jarak jauh akan lebih efektif dan efesien. Dikarenakan Indonesia sedang marak-maraknya merek lokal dalam hal berpakaian, pebisnis yang berada di ranah tersebut harus memiliki strategi yang dimana hal tersebut dapat menarik dan mendapatkan perhatian dari khalayak umum, agar mereka dapat bertahan dalam persaingan yang ada dengan kompetitor. Pemasaran elektronik yang dikemukakan oleh (Tjiptono, 2016) adalah suatu proses strategik, mengembangkan, mendistribusikan, mempromosikan, dan menetaptkan suatu harga produk kepada target pasar dengan menggunakan internet atau alat-alat digital. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh nokha.co dalam membangun merek lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Nokha melakukan dua strategi komunikasi pemasaran digital (1) advertising, advertising dilakukan dengan menggunakan dua cara, cara yang pertama Nokha menggunakan Facebook Ads yang kemudian akan tersebar melalui media sosial Facebook itu sendiri dan media sosial Instagram. Cara yang kedua Nokha melakukan kegiatan pemasaran dengan menggunakan marketing influencer yaitu endorsement melalui media sosial Instagram. (2) Publisitas, Nokha melakukan kegiatan publisitas melalui Instagram dengan menggunakan fitur instastory dan posting feeds atau reels dalam penyebaran informasi mengenai produk yang dimiliki oleh Nokha. Kedua stra tersebut dilakukan untuk dapat membangun brand lokal agar konsumen sadar dengan adanya merek Nokha itu sendiri. Lalu Nokha juga melakukan empat strategi dalam hal branding, (1) Brand Positioning, yang Nokha lakukan pada hal ini ialah memposisikan merek mereka sebagai merek sepatu yang bisa dipakai untuk jalan-jalan. Hal tersebut mengacu pada slogan yang Nokha miliki yaitu “Travel in Nokha”. (2) Brand Identity, pada hal ini Nokha menanamkan prinsip sebagai merek yang sangat Support Women, mereka tanamkan prinsip tersebut karena bagi mereka kaum perempuan juga bisa dan perempuan itu kuat. (3) Brand Personality, Nokha memiliki kepribadian merek yang menggambarkan keceriaan, hal ini bisa dilihat dari gaya desain yang Nokha berikan sangat colorful. Selain itu juga Nokha dianggap sebagai menjadi brand yang memiliki image sebagai merek sepatu untuk jalan-jalan. (4) Brand Communication, dalam hal ini merupakan penilaian dari yang konsumen terhadap produk yang Nokha tawarkan. Hal tersebut bisa kita lihat melalui e-commerce dan media sosial Instagram Nokha. Penilaian ini akan berdampak pada kepercayaan konsumen selanjutnya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKomunikasi Pemasaran Digitalen_US
dc.subjectMedia Sosialen_US
dc.subjectMerek Lokalen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pemasaran Digital dalam Membangun Merek Sepatu Lokal: Studi Kasus pada Nokha.coen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM18321083


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record