Strategi Komunikasi Pemasaran Digital dalam Membangun Merek Sepatu Lokal: Studi Kasus pada Nokha.co
Abstract
Dengan kemajuan teknologi seperti di zaman sekarang ini, kegiatan berkomunikasi jarak
jauh sudah dengan mudah diatasi, lagi pula internet juga sudah mudah didapat. Hal ini dapat
dimanfaatkan oleh pebisnis yang ingin meluaskan nama mereknya pada khalayak luas, karena
dengan menggunakan jaringan internet, kegiatan komunikasi jarak jauh akan lebih efektif dan
efesien. Dikarenakan Indonesia sedang marak-maraknya merek lokal dalam hal berpakaian,
pebisnis yang berada di ranah tersebut harus memiliki strategi yang dimana hal tersebut dapat
menarik dan mendapatkan perhatian dari khalayak umum, agar mereka dapat bertahan dalam
persaingan yang ada dengan kompetitor. Pemasaran elektronik yang dikemukakan oleh
(Tjiptono, 2016) adalah suatu proses strategik, mengembangkan, mendistribusikan,
mempromosikan, dan menetaptkan suatu harga produk kepada target pasar dengan
menggunakan internet atau alat-alat digital. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi
komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh nokha.co dalam membangun merek lokal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Pada penelitian ini peneliti menggunakan
metode kualitatif. Nokha melakukan dua strategi komunikasi pemasaran digital (1) advertising,
advertising dilakukan dengan menggunakan dua cara, cara yang pertama Nokha menggunakan
Facebook Ads yang kemudian akan tersebar melalui media sosial Facebook itu sendiri dan
media sosial Instagram. Cara yang kedua Nokha melakukan kegiatan pemasaran dengan
menggunakan marketing influencer yaitu endorsement melalui media sosial Instagram. (2)
Publisitas, Nokha melakukan kegiatan publisitas melalui Instagram dengan menggunakan fitur
instastory dan posting feeds atau reels dalam penyebaran informasi mengenai produk yang
dimiliki oleh Nokha. Kedua stra tersebut dilakukan untuk dapat membangun brand lokal agar
konsumen sadar dengan adanya merek Nokha itu sendiri. Lalu Nokha juga melakukan empat
strategi dalam hal branding, (1) Brand Positioning, yang Nokha lakukan pada hal ini ialah
memposisikan merek mereka sebagai merek sepatu yang bisa dipakai untuk jalan-jalan. Hal
tersebut mengacu pada slogan yang Nokha miliki yaitu “Travel in Nokha”. (2) Brand Identity,
pada hal ini Nokha menanamkan prinsip sebagai merek yang sangat Support Women, mereka
tanamkan prinsip tersebut karena bagi mereka kaum perempuan juga bisa dan perempuan itu
kuat. (3) Brand Personality, Nokha memiliki kepribadian merek yang menggambarkan
keceriaan, hal ini bisa dilihat dari gaya desain yang Nokha berikan sangat colorful. Selain itu
juga Nokha dianggap sebagai menjadi brand yang memiliki image sebagai merek sepatu untuk
jalan-jalan. (4) Brand Communication, dalam hal ini merupakan penilaian dari yang konsumen
terhadap produk yang Nokha tawarkan. Hal tersebut bisa kita lihat melalui e-commerce dan
media sosial Instagram Nokha. Penilaian ini akan berdampak pada kepercayaan konsumen
selanjutnya.
Collections
- Communication [990]