Pengaruh Discount Framing terhadap Reputasi Merek dan Citra Merek pada Minat Beli Produk Somethinc di Shopee
Abstract
Besarnya jumlah pengguna internet mendukung peningkatan perdagangan
elektronik atau e-commerce di Indonesia. Salah satu e-commerce yang memiliki
banyak peminat dan mendominasi pasar di Indonesia ialah Shopee. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menguji dampak discount framing terhadap minat beli
konsumen yang dimediasi oleh reputasi merek dan citra merek. Pengambilan data
pada penelitian ini dilakukan dengan google form dan kuesioner dibagikan secara
online. Metodologi yang diterapkan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan teknik purposive sampling. Peneliti melakukan studi kuantitatif dengan 170
sampel data valid yang didapatkan dari responden di Indonesia yang merupakan
pengguna e-commerce Shopee. Pengelolaan data menggunakan aplikasi SPSS dan
PLS-SEM (smartPLS). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
discount framing, reputasi merek, citra merek, dan minat beli. Adapun hasil
penelitian ini menyatakan bahwa discount framing berpengaruh positif terhadap
reputasi merek dan citra merek pada minat beli konsumen.
Collections
- Management [4541]