Anteseden Niat Pembelian Kembali pada Merek Fashion Livehaf di Aplikasi Belanja Online Seluler TikTok Shop
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi mampu mendorong banyak perusahaan
untuk menciptakan strategi bisnis secara online yang menggunakan media sosial
sebagai sarananya. Perkembangan teknologi yang signifikan telah menciptakan suatu
inovasi terbaru terutama dalam melakukan penjualan, yaitu berbasis aplikasi belanja
online seluler. Platform ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga beberapa
peneliti mencoba untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mampu menciptakan niat
pembelian kembali seseorang melalui aplikasi belanja online seluler, seperti
keterlibatan pelanggan, ekuitas pelanggan (ekuitas nilai, ekuitas merek, dan ekuitas
hubungan), dan loyalitas merek. Namun, hasilnya masih terdapat inkonsistensi. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan tersebut dengan
meneliti faktor-faktor pemicu niat pembelian kembali pada aplikasi belanja online
seluler. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan kuesioner untuk memperoleh data primer melalui Google Form.
Terdapat 180 sampel penelitian dari pengguna aplikasi belanja online seluler TikTok
Shop yang akrab dengan merek Livehaf melalui survei online dan dianalisis
menggunakan aplikasi SPSS dan PLS-SEM dengan perangkat SmartPLS. Hasil dari
penelitian ini mengungkapkan bahwa keterlibatan pelanggan berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap ekuitas pelanggan (nilai, merek, dan hubungan) dan
loyalitas merek. Selain itu, ekuitas nilai, ekuitas hubungan, dan loyalitas merek juga
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat pembelian kembali melalui
aplikasi belanja online seluler. Namun di sisi lain, tidak terdapat hubungan positif
langsung antara ekuitas merek dengan niat pembelian kembali. Studi ini berkontribusi
dalam menambah literatur pemasaran terkait dengan niat pembelian kembali pada
aplikasi belanja online seluler. Studi ini juga menambah referensi kepada manajer
pemasaran untuk mengelola kendala yang dapat memengaruhi keputusan pembelian
kembali pelanggan potensial yang dapat meningkatkan penjualan.
Collections
- Management [4550]