PENGARUH PERAN KETERLIBATAN KONSUMEN PADA LAMAN MEDIA SOSIAL MEREK, KUALITAS INFORMASI DAN KEAKRABAN MEREK TERHADAP NIAT BELI MERCHANDISE MEREK “HYBE MERCH” STUDI PADA WEB WEVERSE SHOP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pengaruh peran
keterlibatan dalam media sosial suatu merek terhadap niat membeli konsumen.
Objek penelitian adalah website WEVERSE SHOP. Penelitian ini mengukur
pengaruh keakraban merek dan kualitas informasi terhadap keterlibatan pada
media sosial suatu merek, pengaruh keterlibatan pada media sosial suatu merek
terhadap sikap pada media sosial suatu merek dan niat membeli di masa depan,
dan pengaruh sikap pada media sosial suatu merek terhadap niat membeli di masa
depan. Responden pada penelitian ini adalah pengguna website WEVERSE
SHOP yang telah melakukan pembelian minimal 1 kali. Sebanyak 249
berpartisipasi dalam penelitian kuantitatif ini sebagai responden. Pengumpulan
data dilakukan dengan metode nonprobability sampling menggunakan
convenience sampling dalam pengambilan sampel. Metode analisis data
dilakukan dengan bivariate analysis. Metode analisis data menggunakan analisis
deskriptif yang diolah menggunakan software SPSS. Hasil pengujian diketahui
bahwa variabel keterlibatan pada media sosial suatu merek berpengaruh secara
positif terhadap sikap pada media sosial suatu merek, variabel sikap pada media
sosial suatu merek berpengaruh secara positif terhadap niat membeli di masa
depan, dan variabel keakraban merek berpengaruh secara positif terhadap
keterlibatan pada media sosial suatu merek sedangkan variabel keterlibatan pada
media sosial suatu merek berpengaruh secara positif signifikan terhadap niat
membeli di masa depan dan variabel kualitas informasi berpengaruh secara
signifikan terhadap keterlibatan pada media sosial suatu merek. Namun, penelitian
ini memiliki keterbatasan yang terletak pada penyampelan yang mengakibatkan
hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisasikan.
Collections
- Management [4552]