HUMAN CAPITAL MANAGEMENT: PERAN DAN DAMPAKNYA PADA EMPLOYEE BRANDING DI PT. INDMIRA
Abstract
Saat ini peran Human Capital Management HCM sangat penting untuk membuat
bisnis perusahaan lebih kompetitif dalam kompetisi ekonomi global. Human
Capital Management harus mempertahankan karyawan yang bertalenta, selain
harus membuat karyawan engage dengan perusahaan. Menginternalisasi proposisi
nilai karyawan terbaik yang sesuai dengan kemampuan dan ketentuan perusahaan
adalah elemen dari strategi perusahaan untuk membuat karyawan lebih engage. Karyawan yang engaged akan berkomitmen dan melakukan lebih dari yang
diharapkan oleh perusahaan. Employee branding tidak dapat dipaksakan namun
sebagai kesediaan dan kesadaran karyawan yang membutuhkan ikatan emosional
antara karyawan dengan perusahaan. Hubungan ikatan ini merupakan sebuah
employee engagement. Tujuan penelitian ini adalah berusaha untuk mengetahui
peran dan dampak Human Capital Management dalam branding karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat kualitatif dengan
model deskriptif. Pengambilan sampel pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang dikirim langsung ke 50 karyawan sebagai
responden. Hasilnya menunjukkan bahwa peran manajemen human capital
mempengaruhi branding karyawan melalui keterlibatan karyawan dengan
penggunaan elemen proposisi nilai karyawan.
Collections
- Management [4574]