PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA YOGYAKARTA)
Abstract
Teknologi semakin unggul, khususnya dalam penggunaannya yang semakin
berkembang. Contoh tren teknologi yang paling terasa adalah tren di bidang
keuangan, di mana dulu manusia menggunakan uang tunai (Cash based), kini
banyak yang mulai menggunakan transaksi non tunai dalam aktivitas transaksi
sehari-harinya. Salah satu contoh produk sistem ekonomi digital yang sedang
berkembang di Indonesia adalah dompet digital. Tujuan penelitian ini untuk
menganalisis dan mengetahui bagaimana variabel persepsi manfaat, persepsi
kemudahan penggunaan, persepsi risiko dapat mempengaruhi minat masyarakat
dalam penggunaan layanan dompet elektronik. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang
dibagikan secara online. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 80 orang
mahasiswa di Yogyakarta. Kajian ini menggunakan evaluasi informasi
berbantuan program perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa persepsi manfaat, Persepsi kemudahan penggunaan
memiliki dampak yang berpengaruh positif dan signifikan sedangkan persepsi
risiko memiliki dampak yang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap
minat penggunaan dompet digital di kalangan mahasiswa Yogyakarta.
Collections
- Akuntansi [4660]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
FAKTOR DETERMINAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN
Aninda Ristyorini, 14312047 (Universitas Islam Indonesia, 2018-06-08)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran wajib pajak, persepsi sanksi perpajakan, persepsi pendapatan wajib pajak, persepsi pemahaman dan pengetahuan tentang peraturan perpajakan, ... -
PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE DENGAN MEDIATOR SIKAP BELANJA MENGGUNAKAN THEORY ACCEPTANCE MODEL
Wahidatunnisa, Erina (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-03)Pandemi Covid-19 telah mendorong aktivitas berbelanja online di Indonesia lebih aktif. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kontak fisik saat membeli produk dan mengurangi mobilitas kegiatan di luar. Penelitian ini bertujuan ... -
PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY PADA GENERASI MILLENIAL DI YOGYAKARTA
Juliawan, Anita Sarah (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-03)Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Persepsi Sikap, Persepsi Norma Subjektif, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, dan Persepsi Kesesuaian terhadap minat penggunaan financial technology pada mahasiswa Fakultas ...