Evaluasi Bullwhip Effect Multi-Level Pada Sistem Supply Chain Management (Studi Kasus PT. Madubaru Yogyakarta pada PG. Madukismo)
Abstract
Pada kesempatan kali ini penulis akan meneliti Bullwhip Effect multi-level yang ada pada PG. Madukismo. Jangkauan rantai pasok (supply chain) yang akan diteiti adalah mulai dari produksi, marketing, dan retail. Retail yang ditelitipun antara lain Superindo, Carrefour, Indogrosir, Progo, Lotte, dan pamela. Hasil dari pengukuran Bullwhip Effect multi-level menyatakan bahwa yang terjadi Bullwhip Effect adalah pada rantai marketing menuju retail secara global (1,00817), retail “Superindo” (1,08678), retail “Indogrosir” (1,08835), retail “Progo” (1,1623), dan retail “Lotte” (1,06996). Setelah didapatkan hasil Bullwhip Effect, penulis akan menyusun Distribution Requirement Planning (DRP) dari masing-masing level yang terjadi Bullwhip Effect. Sebelum dibuat DRP penulis akan melakukan lot sizing dengan tiga metode lot sizing yaitu Least Unit Cost, Lot For Lot, dan Algoritma Silver-Meal untuk memilih metode mana yang penggunaan biaya paling rendah. Setelah melakukan perhitungan lebih lanjut maka didapatkanlah metode Silver-meal Algortima yang paling baik.
Collections
- Industrial Engineering [2224]