FAKTOR PENENTU YANG MEMENGARUHI NIAT BELI KONSUMEN PADA ONLINE FLASH SALE DI SHOPEE
Abstract
Dalam kurun satu dekade, marketplace telah jauh berkembang dengan pesat. Hal ini
tidak luput dari kegiatan promosi pada sejumlah perusahaan dagang berbasis
elektronik ini, salah satunya kegiatan online flash sale (OFS). Penelitian ini ditujukan
untuk menganalisis faktor pengaruh niat pembelian pada online flash sale di Shopee.
Variabel yang digunakan adalah tekanan waktu, sebagai bagian dari keterbatasan
yang diciptakan dari OFS, serta keterlibatan produk dan nilai yang dirasakan
konsumen. Nilai yang dirasakan berupa nilai harga, fungsional, emosional, dan
sosial. Penelitian ini menggunakan data primer, yakni meninjau langsung pada
pengguna Shopee untuk menunjang analisis secara konkret melaui analisis regresi
berganda. Hasil penelitian yang digambarkan berkontribusi dalam penelitian lanjutan
dan kualitas kegiatan online flash sale di Shopee sehingga dapat dijadikan bahan
pertimbangan dalam mengembangkan strategi pemasaran.
Collections
- Management [4550]