Pengaruh Influencer dan Konten Endorsement Terhadap Niat Beli Konsumen pada Platform Media Sosial Instagram
Abstract
Influencer merupakan saluran pemasaran digital yang kini banyak digunakan oleh pemasar dengan
memanfaatkan pengaruh mereka dalam sosial media untuk mengiklankan suatu produk. Penelitian
ini mengkaji pengaruh beberapa atribut iklan seperti kredibilitas, informasi-hiburan, dan iritasi
terhadap nilai iklan yang pada akhirnya mempengaruhi niat beli konsumen dalam pemasaran
influencer media sosial di Indonesia. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner
secara online kepada 180 responden melalui google form menggunakan teknik convenience
sampling. Penelitian ini diolah dengan aplikasi SPSS dan PLS-SEM (SmartPLS). Kriteria
responden pada penelitian ini yaitu berusia 16 tahun ke atas yang merupakan pengguna platform
Instagram dan mengikuti akun influencer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas dan
infotainment dalam konten influencer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai iklan dan
secara langsung mempengaruhi niat beli konsumen. Namun, hasil penelitian tidak menemukan
efek negatif iritasi terhadap nilai iklan.
Collections
- Management [4581]