Pengaruh Kegiatan Pemasaran Media Sosial Instagram Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada E-Commerce Thrift
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi terkait pengaruh kegiatan
pemasaran media sosial Instagram terhadap loyalitas pelanaggan pada konteks e-
commerce Thrift di Indonesia. Teori utama penelitian ini adalah model dari teori S-
O-R atau stimulus, organism, respond dengan menggunakan variabel kegiatan
pemasaran media sosial, ekuitas nilai, ekuitas merek, ekuitas hubungan, dan
loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui
penyebaran kuesioner online didapatkan jumlah 150 responden. Jumlah responden
tersebut didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan
kriteria responden yang menggunakan Instagram dan pernah membeli produk Thrift
secara online. Hasil data dianalisis dengan menggunakan metode PLS-SEM.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel ekuitas nilai tidak
berpengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan, namun variabel kegiatan
pemasaran media sosial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui tiga
penggerak ekuitas pelanggan. Hasil hipotesis menunjukan variabel kegiatan
pemasaran media sosial Instagram berpengaruh positif terhadap ekuitas nilai,
ekuitas merek, dan ekuitas hubungan. Selanjutnya, variabel ekuitas merek dan
ekuitas hubungan berpengaruh positif terhadap variabel loyalitas pelanggan.
Penelitian ini dapat berkontribusi kepada literatur pada topik loyalitas pelanggan
dengan mempertimbangkan variabel kegiatan pemasaran media sosial dan ketiga
penggerak ekuitas pelanggan (ekuitas nilai, ekuitas merek, ekuitas hubungan).
Adapun bagi pihak perusahaan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam
meningkatkan hubungan yang kuat dengan pelanggan melalui media sosial
Instagram.
Collections
- Management [4548]