Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Online Shop Xavia Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran online shop
Xavia dalam meningkatkan loyalitas konsumen. Komunikasi pemasaran menjadi peran
yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran, penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif, informan dalam penelitian ini adalah owner dari
online shop Xavia, satu orang karyawan dan tiga orang konsumen online shop Xavia.
Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi,wawancara, dan dokumentasi, dan untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi startegi komunikasi pemasaran online shop
Xavia dalam meningkatan loyalitas konsumen. Teori yang digunakan yaitu bauran
pemasaran 4p yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi)
dan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menujukan bahwa strategi komunikasi pemasaran
online shop Xavia menggunakan digital marketing seperti instagram, whatsapp, dan shopee
dengan tujuan untuk mengkomunikasikan suatu produk kepada masyarakat ,promosi
penjualan berjalan cukup efektif, online shop Xavia mengenalkan produknya dengan
endorse,endorse efektif dilakukan untuk menarik konsumen,instagram reels dan hastag
digunakan untuk memaksimalkan promosi, kualitas produk yang baik dapat manarik
konsumen,kualitas produk yang baik dapat menarik pembeli untuk menjadi loyal,faktor
yang menjadikan online shop Xavia memiliki konsumen yang loyal adalah karena segi
pelayanan,kualitas,model,baju,kenyamanan, dan harga. Harga berkisar 15.000 ribu hingga
300.000 ribu untuk berbagai produk, mulai dari hijab sampai baju seperti
abaya,tunik,dress,one set, dan gamis. Harga yang cukup terjangkau membuat konsumen
Xavia loyal sehingga terdapat pembelian ulang.
Collections
- Communication [967]