Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pengembangan Produk Baru (Pada Studi UKM di Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap
Kinerja Pengembangan Produk Baru Pada Studi UKM di Yogyakarta”. Tujuan dari penelitian
ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh antara orientasi kewirausahaan dengan orientasi
pasar terhadap kinerja pengembangan produk baru pada studi UKM di Yogyakarta.
Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik convience simple random sampling
yang dilakukan kepada para pelaku usaha UKM yang berada di Yogyakarta sebanyak 110
responden. Dalam penelitian ini alat uji analisis menggunakan SEM. Hasil uji dan analisis data
pada penelitian ini ditemukan bahwa adanya pengaruh positif dari orientasi kewirausahaan dan
orientasi pasar terhadap kinerja pengembangan produk baru pada UKM di Yogyakarta.
Collections
- Management [4548]