Analisis Pengaruh Iklan dan Citra Merek serta Kesadaran Lingkungan pada Niat Beli Produk Ramah Lingkungan “The Body Shop”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti niat masyarakat untuk membeli produk hijau
di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode sampling non-probabilitas
dengan convenience sampling dan kriteria responden pilihan meliputi masyarakat
Indonesia yang tinggal di Yogyakarta khususnya yang mengetahui tentang produk-
produk The Body Shop. Secara keseluruhan 150 responden didapatkan dan diproses
lebih lanjut menggunakan metode PLS-SEM. Variabel yang digunakan pada
penelitian ini adalah pengiklanan hijau, citra merek hijau, kesadaran hijau, dan niat
beli hijau. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengiklanan hijau
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesadaran hijau serta niat beli
hijau. Untuk citra merek hijau, mempengaruhi secara positif dan signifikan
terhadap kesadaran hijau. Berbeda halnya dengan yang lain, citra merek hijau
mempengaruhi secara positif namun tidak signifikan terhadap niat beli hijau.
Selanjutnya, kesadaran hijau mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap
niat beli hijau. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan-
perusahaan yang memiliki fokus pada pemasaran hijau terutama bagi The Body
Shop untuk mengembangkan berbagai aspek yang dapat meningkatkan minat
masyarakat untuk melakukan pembelian produk hijau.
Collections
- Management [4550]