Pengaruh Ativitas Pemasaran Media Sosial Instagram Merek Perawatan Kulit Somethinc Terhadap Loyalitas Pelanggan
Abstract
Semakin majunya teknologi yang dibantu dengan hadirnya internet telah menciptakan
berbagai platform digital yang digunakan sebagai sarana berkomunikasi, pengiklanan, dan
memamerkan gaya hidup. Untuk mempertahankan eksistensi suatu merek, perusahaan perlu
menerapkan strategi pemasaran yang dinilai modern dengan memanfaatkan platform digital.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari lima komponen
aktivitas pemasaran media sosial (SMMA) terhadap loyalitas pelanggan merek Somethinc.
Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan google form dan
kuesioner disebarkan secara online. Penelitian ini menggunakan teknik convenienve sampling
dengan jumlah responden sebanyak 220 responden. Penelitian ini dilakukan dengan metode
kuantitatif dan diolah dengan aplikasi SPSS dan PLS-SEM (smartPLS). Hasil uji penelitian
ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelima komponen aktivitas pemasaraan
media sosial (SMMA) antara lain hiburan, trendi, dan kustomisasi berpengaruh positif
terhadap citra merek sedangkan interaktivitas dan electronic-word of mouth tidak
menunjukkan hasil yang positif terhadap citra merek. Hasil uji lainnya menunjukkan bahwa
citra merek berpengaruh positif terhadal loyalitas pelanggan.
Collections
- Management [4548]