Show simple item record

dc.contributor.authorArumsari, Catur
dc.date.accessioned2023-06-15T04:17:17Z
dc.date.available2023-06-15T04:17:17Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/44973
dc.description.abstractBean bag merupakan trobosan pada industri furniture, kursi tanpa rangka yang berbahan dasar kain dan butiran styrofoam ini sempat populer di Amerika pada tahun 800-an. Bean bag kembali boming di Indonesia pada awal tahun 2010 terutama di daerah Bali. Pada awalnya produk Bean bag yang diproduksi di Indonesia hanya terbatas pada dua model saja, yaitu model segitiga dan pampkin. Seiring berjalannya waktu usaha bean bag kian diminati masyarakat yang akhirnya merambah luas keberbagai daerah di Indonesia. Kini Bean bag makin digandrungi di Indonesia karena memang saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bisnis ditinjau dari aspek operasi, aspek sumber daya manusia, dan aspek keuangan dalam bisnis Anomali Bean bag, juga untuk mengetahui inovasi seperti agar tetap bersaing pada industri furniture serta untuk mengetahui strategi bersaing yang akan dilakukan Anomali Bean Bag agar meraih positioning di benak konsumen. Berdasarkan pada hasil analisis SWOT terhadap faktor internal (Kekuatan dan Kelemahan) dan faktor eksternal (Peluang dan xc Ancaman), maka dapat diidentifikasi strategi pengembangan yang diperoleh dari Kekuatan dan Peluang (SO) adalah sebagai berikut: menyasar target pasar keluarga muda, memuat lebih banyak testimoni pelanggan sebagai bahan promosi di media sosial, pembukaan tempat produksi di luar daerah untuk mendekatkan diri dengan konsumen, inovasi produk dengan menciptakan variasi produk yang lebih bervariatif, kampanye produk lokal / dalam negeri, membuat iklan yang berisi testimoni pelanggan tentang kualitas produk Anomali Bean bag. Kemudian, analisa dengan 4P. Pertama, produk. Inovasi yang dilakukan pada Anomali Bean Bag melalui core product dengan menciptakan produk baru mampu meningkatkan daya tarik konsumen yang terbukti dengan meningkatnya penjualan produk inovasi pada penjualan tahun 2021. Kedua harga, strategi menaikkan harga dengan menyesuaikan pada kondisi kenaikan harga bahan pokok tidak berdampak pada penurunan penjualan, sebaliknya strategi menaikkan harga dengan menyesuaikan pada nominal dapat dibuktikan pada naiknya penjualan periode Januari-Desember 2021 dibandingkan pada periode pembanding di tahun sebelumnya sebelum Inovasi. Ketiga, Promosi. Pelaksanaan Strategi Bersaing Dengan Inovasi Produk pada promosi melalui konten instagram reels untuk menjangkau pelanggan di media sosial berhasil meningkatkan jumlah pengikut media sosial instagram Anomali Bean Bag. Inovasi dalam melakukan promosi juga dilakukan dengan penambahan media spanduk pada outlet yang berfungsi memberikan informasi produk atau promo yang sedang berlangsung kepada masyarakat sekitar secara langsung. Keempat, tempat, strategi Bersaing Dengan Inovasi Produk dengan melakukan perubahan layout outlet melalui penggantian papan nama dan penggantian lampu penerangan mampu meningkatkan jumlah pembeli pada saluran distribusi offline, di mana pada periode pelaksanaan inovasi bulan Januari 2021 terjadi peningkatan jumlah pembelian. Pelaksanaan strategi 2 bersaing dengan inovasi produk melalui marketing mix seperti penjelasan di atas mempunyai dampak positif pada penjualan, dengan situasi pandemi yang belum berakhir telah membuktikan bahwa potensi dalam mempertahankan posisi produsen bean bag masih adaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnomali Bean Bagen_US
dc.subjectBusiness Model Canvasen_US
dc.subjectStrategi Bersaingen_US
dc.subjectSWOTen_US
dc.titleAnomali Bean Bag: Strategi Bersaing Dengan Inovasien_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19911059


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record