Anomali Bean Bag: Strategi Bersaing Dengan Inovasi
Abstract
Bean bag merupakan trobosan pada industri furniture, kursi tanpa rangka yang
berbahan dasar kain dan butiran styrofoam ini sempat populer di Amerika pada tahun
800-an. Bean bag kembali boming di Indonesia pada awal tahun 2010 terutama di
daerah Bali. Pada awalnya produk Bean bag yang diproduksi di Indonesia hanya
terbatas pada dua model saja, yaitu model segitiga dan pampkin. Seiring berjalannya
waktu usaha bean bag kian diminati masyarakat yang akhirnya merambah luas
keberbagai daerah di Indonesia. Kini Bean bag makin digandrungi di Indonesia karena
memang saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bisnis ditinjau
dari aspek operasi, aspek sumber daya manusia, dan aspek keuangan dalam bisnis
Anomali Bean bag, juga untuk mengetahui inovasi seperti agar tetap bersaing pada
industri furniture serta untuk mengetahui strategi bersaing yang akan dilakukan
Anomali Bean Bag agar meraih positioning di benak konsumen.
Berdasarkan pada hasil analisis SWOT terhadap faktor internal (Kekuatan dan
Kelemahan) dan faktor eksternal (Peluang dan xc Ancaman), maka dapat diidentifikasi
strategi pengembangan yang diperoleh dari Kekuatan dan Peluang (SO) adalah sebagai
berikut: menyasar target pasar keluarga muda, memuat lebih banyak testimoni
pelanggan sebagai bahan promosi di media sosial, pembukaan tempat produksi di luar
daerah untuk mendekatkan diri dengan konsumen, inovasi produk dengan menciptakan
variasi produk yang lebih bervariatif, kampanye produk lokal / dalam negeri, membuat
iklan yang berisi testimoni pelanggan tentang kualitas produk Anomali Bean bag.
Kemudian, analisa dengan 4P. Pertama, produk. Inovasi yang dilakukan pada Anomali
Bean Bag melalui core product dengan menciptakan produk baru mampu
meningkatkan daya tarik konsumen yang terbukti dengan meningkatnya penjualan
produk inovasi pada penjualan tahun 2021. Kedua harga, strategi menaikkan harga
dengan menyesuaikan pada kondisi kenaikan harga bahan pokok tidak berdampak pada
penurunan penjualan, sebaliknya strategi menaikkan harga dengan menyesuaikan pada
nominal dapat dibuktikan pada naiknya penjualan periode Januari-Desember 2021
dibandingkan pada periode pembanding di tahun sebelumnya sebelum Inovasi. Ketiga,
Promosi. Pelaksanaan Strategi Bersaing Dengan Inovasi Produk pada promosi melalui
konten instagram reels untuk menjangkau pelanggan di media sosial berhasil
meningkatkan jumlah pengikut media sosial instagram Anomali Bean Bag. Inovasi
dalam melakukan promosi juga dilakukan dengan penambahan media spanduk pada
outlet yang berfungsi memberikan informasi produk atau promo yang sedang
berlangsung kepada masyarakat sekitar secara langsung. Keempat, tempat, strategi
Bersaing Dengan Inovasi Produk dengan melakukan perubahan layout outlet melalui
penggantian papan nama dan penggantian lampu penerangan mampu meningkatkan
jumlah pembeli pada saluran distribusi offline, di mana pada periode pelaksanaan
inovasi bulan Januari 2021 terjadi peningkatan jumlah pembelian. Pelaksanaan strategi
2
bersaing dengan inovasi produk melalui marketing mix seperti penjelasan di atas
mempunyai dampak positif pada penjualan, dengan situasi pandemi yang belum
berakhir telah membuktikan bahwa potensi dalam mempertahankan posisi produsen
bean bag masih ada
Collections
- Master of Management [408]