Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Memori Siswa Pada Pembelajaran Kimia Sma N 1 Karangdowo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan
antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan memori siswa pada
pembelajaran kimia SMA N 1 Karangdowo. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa XI MIPA SMA N 1 Karangdowo yang berjumlah 176 siswa. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 29 siswa, kelas XI MIPA 5
yang berjumalah 29 siswa dan XI MIPA 6 yang berjumlah 29 siswa. Pengambilan
data dilakukan dengan teknik non tes dan teknik tes. Teknik non tes terdiri dari
angket tertutup dan metode tes kemampuan memori menggunakan soal kemampuan
memori. Analisis data pada penelitian ini adalah uji prasyarat analisis yang meliputi
uji normalitas dan linearitas, serta uji hipotesis. Teknik analisis data menggunakan
analisis korelasi nonparametric Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan
memori siswa pada pembelajaran kimia SMA N 1 Karangdowo dengan nilai
signifikansi 0,662.
Collections
- Chemistry Education [324]