Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Dalam Membayar Zakat Secara Online
Abstract
Zakat merupakan salah satu Rukun Islam dalam ajaran Agama Islam.
Banyaknya lembaga yang membuka layanan membayar zakat secara online
diharapkan mendorong minat masyarakat dalam membayar zakat atau
menyisihkan pendapatannya untuk berzakat. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat dalam
membayar zakat secara online. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Muslim
yang berada di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel
penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang termasuk dalam
nonprobability sampling. Pengumpulan data primer menggunakan metode
kuesioner disebarkan melalui platform media sosial seperti WhatsApp, Line,
Instagram dan Twitter. Kuesioner berbentuk google form harus diisi sendiri oleh
responden. Data dianalisis menggunakan analisis analisis regresi berganda.
Collections
- Akuntansi [4102]