Show simple item record

dc.contributor.authorKHOIRUN NISA’ LU’LU’ MAFRUCHAH
dc.date.accessioned2023-05-23T02:44:39Z
dc.date.available2023-05-23T02:44:39Z
dc.date.issued2023-02
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/44885
dc.description.abstractPopularitas sosial media mampu mendorong terciptanya strategi berbisnis online yang berbeda dengan mengkolaborasikan urgensi interaksi sosial dan transaksi komersial secara simultan melalui perdagangan di jejaring sosial yang disebut social commerce. Platform ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga beberapa peneliti mencoba mengungkapkan faktor-faktor yang mampu memicu niat pembelian online melalui social commerce, seperti interaksi sosial, keamanan transaksi, keterikatan konsumen, dan kepercayaan online. Namun, hasilnya masih terdapat inkonsistensi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan tersebut dengan meneliti faktor pemicu niat pembelian online melalui social commerce dan menguji lebih lanjut peran kepercayaan online sebagai mediator hubungan tersebut dalam social commerce. Terdapat 217 sampel penelitian dari pengguna aplikasi TikTok yang familiar dengan merek Skintific melalui survei online dan dianalisis menggunakan SPSS dan PLS-SEM dengan perangkat SmartPLS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa keamanan transaksi, keterikatan konsumen, dan kepercayaan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian online melalui social commerce. Di sisi lain, tidak terdapat hubungan positif langsung antara faktor interaksi sosial dengan niat pembelian online. Selain itu, kepercayaan online dapat menjadi mediator dalam hubungan antara interaksi sosial dan keterikatan konsumen terhadap niat pembelian online dalam konteks social commerce. Studi ini berkontribusi dalam memperkaya literatur pemasaran terkait niat pembelian online melalui social commerce. Studi ini juga merekomendasikan manajer pemasaran untuk mengelola faktor krusial yang dapat memengaruhi keputusan pembelian online konsumen potensial untuk meningkatkan penjualan.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleAnteseden Niat Pembelian Online Terhadap Produk Perawatan Kulit Merek Skintific Pada Platform Social Commerce Tiktok Shopen_US
dc.Identifier.NIM19311041


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record