PENGARUH KUALITAS INFORMASI PARIWISATA DI SOSIAL MEDIA TERHADAP PEMBENTUKAN CITRA DESTINASI DAN NIAT BERKUNJUNG (Studi Empiris Pada Sosial Media Instagram Dieng)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas informasi
pariwisata di sosial media terhadap pembentukan citra tujuan dan niat berkunjung.
Dalam penelitian ini terdapat 5 variabel yaitu kualitas informasi sosial media, citra
kognitif destinasi, citra afektif destinasi dan niat berkunjung. Populasi dalam
penelitian ini adalah para wisatan dataran tinggi Dieng, sampel dalam penelitian
adalah sebanyak 231 responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan analisis Variance Based SEM atau Partial Least Squares dengan
menggunakan software smartPLS. Hasil penelitian ini ditemukan pengaruh positif
antara kualitas informasi sosial media terhadap citra kognitif destinasi , kualitas
informasi sosial media terhadap citra afektf destinasi, citra kognitif terhadap citra
afektif destinasi,citra kognitif destinasi terhadap niat berkunjung dan citra afektif
destinasi terhadap niat berkunjung. Temuan penelitian ini adalah ketika kualitas
informasi sosial media semakin baik maka akan berpengaruh baik terhadap citra
kognitif destinasi dan afektif destinasi sehingga mampu mempengaruhi niat
berkunjung wisatawan.
Collections
- Management [4552]