ANALISIS PENGARUH GROWTH OPPORTUNITIES, LEVERAGE, PROFITABILITY, LIQUIDITY DAN FIRM SIZE TERHADAP KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi probabilitas dari faktor internal
perusahaan yakni variabel growth opportunities, leverage, profitability, liquidity,
dan firm size yang dapat mempengaruhi perusahaan dalam menggunakan
instrument derivatif sebagai sarana hedging. Perubahan nilai mata uang asing akan
berdampak terhadap kelangsungan hidup perusahaan, sehingga perusahaan perlu
meminimalisir resiko dengan menggunakan hedging.
Populasi dan sampel penelitian ini yakni pada perusahaan manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015 sampai dengan 2017. Adapun
sampel dalam penelitian ini berjumlah 82 perusahaan manufaktur. Sebanyak 36
perusahaan sampel yang melakukan aktivitas hedging dan sisanya 46 perusahaan
sampel tidak melakukan aktivitas hedging.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis regresi
logistik. Hasil dari pengujian penelitian ini dapat dilihat dari analisis stastisk
deskriptif yang menunjukkan gambaran dari variabel-variabel sampel penelitian.
Selanjutnya, dilakukan dengan uji regresi logistik yang akan menunjukkan apakah
probabilitas variabel dependen dapat diprediksi dengan variabel independen. Hasil
dari pengujian ini menunjukkan bahwa dari kelima variabel yang diujikan yakni
variabel firm size yang berpengaruh positif, variabel liquidity berpengaruh negatif,
dan sisanya variabel growth opportunities, leverage dan profitability tidak
berpengaruh terhadap keputusan hedging.
Collections
- Management [4585]