ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, CITRA MEREK, KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PIZZA LOKAL (PANTIES PIZZA) DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra
Merek, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pizza Lokal (Panties
Pizza) Di Yogyakarta Cabang Gejayan. Penelitian ini menggunakan metode Structural
Equation Modeling (SEM). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 300
responden. Karakteristik sampel dalam penelitian ini yaitu pelanggan Panties Pizza.
Kualitas Pelayanan memainkan peran penting dalam membangun loyalitas pelanggan
yang disediakan oleh restoran cepat saji yang berdampak langsung pada loyalitas
pelanggan. Cita Merek yang diinginkan dapat mengarah pada kepuasan pelanggan,
sehingga cira merek merupakan fenomena penting untuk membangun loyaitas
pelanggan. Oleh karena itu loyalitas pelanggan dapat diciptakan melalui keuntungan
dari citra merek dan reputasi perusahaan yang baik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta kualitas pelayanan mempunyai pengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan kemudian citra merek mempunyai
pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan
mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada loyalitas konsumen. Hasil ini
diperkuat dengan hasil uji validitas, reliabilitas, dan pengujian kecocokan model pada
masing-masing indikator pada setiap variabel.
Collections
- Management [4567]