ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK PERUSAHAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PIZZA HUT JALAN KALIURANG KM 5,6 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek terhadap
Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan dan pengaruh citra merek perusahaan
terhadap loyalitas pada pelanggan restoran cepat saji Pizza Hut di Jalan Kaliurang Km.
5,6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling
(SEM). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 200 responden.
Karakteristik sampel dalam penelitian ini yaitu pelanggan Pizza Hut. Citra merek
perusahaan telah dinilai sebagai salah satu yang penting bagi kepuasan dan loyalitas
pelanggan. Merek perusahaan sangat penting karena merek perusahaan yang positif
sangat membantu perusahaan dalam mencapai kinerja yang lebih tinggi, seperti
penjualan. Dengan adanya pemasaran dapat memberikan nilai lebih dalam memuaskan
pelanggan serta membangun jangka panjang dan hubungan profitabilitas dengan
pelanggan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa citra merek berpengaruh signifikan dan
positif terhadap kepuasan pelanggan, serta kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan
dan positif terhadap loyalitas pelanggan, dan citra merek berpengaruh signifikan dan
positif terhadap loyalitas pelanggan. Hasil ini diperkuat dengan hasil uji validitas,
reliabilitas, dan pengujian kecocokan model pada masing-masing indikator pada setiap
variabel.
Collections
- Management [4548]