Determinan Omset Umkm Di Kabupaten Sleman (Studi Kasus Kecamatan Depok)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Transaksi Online (E-Commerce), Lokasi Usaha,
dan Modal usaha terdapat pengaruh terhadap Omset UMKM di Kecamatan Depok. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatid dengan metode pengambilan sampel yaitu dengan cara Purposive
Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer yaitu dengan cara menyebarkan
kuesioner kepada responden yang merupakan pelaku UMKM di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.
Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang terdapat di Kecamatan Depok. Jumlah sampel
yang digunakan sebanyak 85 responden yang merupakan pelaku UMKM yang memiliki usaha di wilayah
kecamatan Depok, yang menggunakan toko online atau e-commerce untuk memasarkan dan menjual
produknya dan unit UMKM yang terdapat di Kecamatan Depok. Data yang diperoleh kemudian diolah dan
dianalisis menggunakan Software SPSS Statistik 24 dan Eviews 10 dengan metode analisis data yang dapat
digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan
bahwa variabel Transaksi Online (E-Commerce) dan Lokasi Usaha tidak berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Omset UMKM. Sedangkan variabel Modal Usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Omset UMKM di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.
Collections
- Economics [2152]