Penggunaan Konten Tik-Tok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas 6 Sd N 3 Temuwuh, Dlingo, Dlingo, Bantul
Abstract
Media Pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah
proses pembelajaran. Jika penggunaan media pembelajaran dilakukan dengan tepat,
maka proses pembelajaran akan dapat berjalan dengan baik. Tidak hanya itu
penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan antusiasme dan
minat belajar peserta didik. Oleh karena itu peningkatan dan terus mengupdate
media pembelajaran adalah hal yang sangat penting dilakukan oleh guru, termasuk
menyesuaikan media pembelajaran sesuai perkembangan zaman. Adapun
penelitian ini dilakukan untuk tujuan usaha penyesuaian penggunaan media
pembelajaran sesuai perkembangan zaman, mendeskripsikan implementasi
penggunaan konten Tik-tok sebagai media pembelajaran di SD N 3 Temuwuh untuk
meningkatkan minat belajar peserta didik, implikasi penggunaan konten Tik-tok
sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di SD
N 3 Temuwuh, serta faktor pendukung dan penghambat saat proses penelitian.
Penelitian ini menggunakan 3 informan, yaitu 2 peserta didik SD N 3
Temuwuh, Guru PAI, Serta Kepala Sekolah SD N 3 Temuwuh. Adapun dalam
penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan hasil deskriptif.
Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam
penelitian ini teknik penentuan informan yang peneliti gunakan adalah purposive
sampling, serta penggunaan analisis menurut Miles & Huberman (reduksi data,
penyajian data, & penarikan kesimpulan).
Hasil dari penelitian menunjukan Implementasi penggunaan konten Tik-tok
sebagai media pembelajaran di SD N 3 Temuwuh berjalan dengan baik dan bisa
dikatakan berhasil. Hal ini dapat dilihat dari peserta didik yang lebih antusias, aktif
dan ceria dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap,
yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan terakhir evaluasi. Proses penelitian
dilakukan dalam 4 pertemuan dengan 2 metode berbeda. Yaitu metode pertama
yang dilakukan di pertemuan pertama dan ketiga yang dilaksanakan di dalam kelas,
dan penggunaan metode kedua yang dilakukan di pertemuan kedua dan keempat
yang dilaksanakan di luar kelas. Hasil penelitian juga menunjukan faktor-faktor
pendukung dan faktor-faktor penghambat dalam proses penelitian yang dilakukan.
Collections
- Islamic Education [918]