Show simple item record

dc.contributor.authorMUHAMMAD AZIS MUNTAHA
dc.date.accessioned2023-05-17T05:16:47Z
dc.date.available2023-05-17T05:16:47Z
dc.date.issued2023-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/44454
dc.description.abstractMedia Pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah proses pembelajaran. Jika penggunaan media pembelajaran dilakukan dengan tepat, maka proses pembelajaran akan dapat berjalan dengan baik. Tidak hanya itu penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan antusiasme dan minat belajar peserta didik. Oleh karena itu peningkatan dan terus mengupdate media pembelajaran adalah hal yang sangat penting dilakukan oleh guru, termasuk menyesuaikan media pembelajaran sesuai perkembangan zaman. Adapun penelitian ini dilakukan untuk tujuan usaha penyesuaian penggunaan media pembelajaran sesuai perkembangan zaman, mendeskripsikan implementasi penggunaan konten Tik-tok sebagai media pembelajaran di SD N 3 Temuwuh untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, implikasi penggunaan konten Tik-tok sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di SD N 3 Temuwuh, serta faktor pendukung dan penghambat saat proses penelitian. Penelitian ini menggunakan 3 informan, yaitu 2 peserta didik SD N 3 Temuwuh, Guru PAI, Serta Kepala Sekolah SD N 3 Temuwuh. Adapun dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan hasil deskriptif. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik penentuan informan yang peneliti gunakan adalah purposive sampling, serta penggunaan analisis menurut Miles & Huberman (reduksi data, penyajian data, & penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian menunjukan Implementasi penggunaan konten Tik-tok sebagai media pembelajaran di SD N 3 Temuwuh berjalan dengan baik dan bisa dikatakan berhasil. Hal ini dapat dilihat dari peserta didik yang lebih antusias, aktif dan ceria dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan terakhir evaluasi. Proses penelitian dilakukan dalam 4 pertemuan dengan 2 metode berbeda. Yaitu metode pertama yang dilakukan di pertemuan pertama dan ketiga yang dilaksanakan di dalam kelas, dan penggunaan metode kedua yang dilakukan di pertemuan kedua dan keempat yang dilaksanakan di luar kelas. Hasil penelitian juga menunjukan faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat dalam proses penelitian yang dilakukan.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePenggunaan Konten Tik-Tok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas 6 Sd N 3 Temuwuh, Dlingo, Dlingo, Bantulen_US
dc.Identifier.NIM18422174


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record