Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Di Mts Yapi Pakem Sleman Yogyakarta
Abstract
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini ialah masih lemahnya kerja
sama antara pihak guru dengan orang tua peserta didik, dan yang menjadi faktor
kenakalan peserta didik yaitu lingkungan keluarga, madrasah maupun
lingkungan masyarakat. Karena masih banyak peserta didik yang belum
memahami perilaku baik dan perilaku tidak baik. Dengan adanya upaya yang
dilakukan guru pendidikan agama Islam dapat membantu peserta didik untuk
menjadi yang lebih baik. Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan
peserta didik, serta faktor pendukung dan penghambat upaya guru pendidikan
agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi kasus yang fokus kepada upaya guru pendidikan agama Islam di
MTs Yapi Pakem Sleman. Pengambilan data melalui 3 cara yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data
ialah reduksi data, penyajian data, verifikasi kesimpulan data, dan uji validitas
data dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa: 1) Peran guru
pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan yaitu, memberikan contoh
akhlak yang baik, memberikan nasihat, memberikan teguran, dan memberikan
materi berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. 2) Faktor yang mendukung
dalam mengatasi kenakalan diantaranya yaitu keluarga, kita juga sudah bekerja
sama dengan stakeholder, kepala madrasah, dan guru BK. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu kerja sama antara pihak madrasah dengan orang tua
peserta didik, keterbatasan waktu di madrasah, dan perilaku yang sudah terbiasa
dilakukan.
Collections
- Islamic Education [863]