Penerapan Tam (Technology Acceptance Model) Dalam Implementasi Wakaf Uang Secara Online (Studi Pada Mahasiswa Fiai Uii)
Abstract
Sebagai upaya mengurangi angka kemiskinan Islam menitik beratkan kepada
keadilan ekonomi pada pendistribusian pendapatan. Islam sudah menyediakan
berbagai instrumen untuk dapat merealisasikan ini salah satunya wakaf uang. Untuk
menekan angka kemiskinan maka wakaf uang secara online menyimpan segudang
potensi yang masih belum bisa dimaksimalkan Penelitian ini beetujuan untuk
mengetahui pengaruh Subjective Norms, Literasi Wakaf Uang, Perceived Trust,
Perceived Security, Perceived Ease of Use dan Perceived Usefullness terhadap
Intention to Use atau intensi mahasiswa FIAI UII menggunakan layanan wakaf
uang online. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan Convenience Sampling.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear
berganda serta menggunakan uji hipotesis uji T, uji F, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa 6 variabel penelitian yaitu Subjective
Norms, Literasi Wakaf Uang, Perceived Trust, Perceived Security, Perceived Ease
of Use, dan Perceived Usefullness mempengaruhi intensi mahasiswa FIAI UII
menggunakan layanan wakaf uang online secara signifikan dan positif. Hasil ini
juga menunjukan bahwa semakin besar pengaruh Subjective Norms, semakin tinggi
Literasi Wakaf Uang, Perceived Trust, Perceived Security, Perceived Ease of Use
dan Perceived Usefullness akan mempengaruhi intensi mahasiswa FIAI UII
menggunakan layanan wakaf uang online.
Collections
- Islamic Economics [828]