Show simple item record

dc.contributor.authorIMAM SYAHRUDDIN
dc.date.accessioned2023-05-16T04:32:34Z
dc.date.available2023-05-16T04:32:34Z
dc.date.issued2023-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/44406
dc.description.abstractMetode pembelajaran merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran yang benar menciptakan proses belajar yang efektif. Salah satu metode pembelajaran yang umum digunakan adalah metode ceramah. Metode ini digunakan oleh SD Muhammadiyah Condongcatur dalam proses pembelajaran di kelasnya. Namun, banyak yang percaya bahwa metode pembelajaran ini sudah ketinggalan zaman, membosankan, monoton, tidak menginspirasi, memiliki bahan ajar yang tidak populer, memiliki waktu belajar yang sangat sedikit, dan tersedia pada waktu-waktu rawan seperti hari Minggu, Pelajaran terakhir setelah istirahat atau sebelum berangkat sekolah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah pertama untuk Mengetahui Bagaimana Implementasi Metode Ceramah, faktor pendukung, dan faktor penghambat Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 5D SD Muhammadiyah Condong Catur Kabupaten Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berisikan penjelasan tentang data yang diperoleh di lapangan. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mereduksi data, memaparkan data tersebut, dan menarik kesimpulan. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran mata pelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah Condongcatur dapat diterapkan dan efektif untuk pembelajaran di kelas karena dikombinasikan dengan metode demonstrasi. Kemudian temukan fasilitator dan penghambat yang saling terkait yang mempengaruhi atau mempengaruhi proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian di temukan bahwa implementasi metode ceramah efektif jika di kombinasikan dengan metode demonstrasi, tanya jawab, dan bernyanyi. Adapun faktor pendukung yaitu berasal dari kompetensi guru, waktu dan tempat pembelajaran, manajemen. Faktor penghambat berasal dari guru dan siswa.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleImplementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 5d Sd Muhammadiyah Condong Catur Kabupaten Sleman Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM18422188


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record