Ekspresi Identitas Sosial Komunitas Motor Vespa (Studi Kasus Komunitas Motor Vespa Di Kota Bekasi Hi Scoots Ladies)
Abstract
Stereotype komunitas motor di Indonesia sangat melekat pada maskulinitas atau para
laki-laki. Penelitian ini mengkaji representasi ekspresi identitas sosial perempuan
pada komunitas motor. Tujuannya untuk merubah pandangan masyarakat bahwa
perempuan juga bisa membuat suatu komunitas motor yang solid dan melakukan
kegiatan positif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif
dengan melakukan wawancara dan observasi terhadap anggota dari Komunitas HI
Scoot Ladies ini bisa terbentuk itu kan kak karena sebagai wadah dari gerakan
emansipasi wanita, untuk perempuan yang memiliki hobi naik motor dan agar mereka
pada tau bahwa perempuan tidak hanya dirumah, dapur, atau kasur. Komunitas ini
mencoba merubah persepsi masyarakat tentang perempuan bahwa di dunia motor
bukan milik laki – laki saja , dan sangat banyak kegiatan sosial yang bersifat positif
baik untuk diri mereka maupun masyarakat. Komunitas HI Scoots Ladies merupakan
Komunitas vespa dengan ciri khas berupa penggunaan Vespa Modern atau Vespa
Matic yang anggotanya terdiri dari kaum perempuan. Komunitas ini ditujukan
sebagai wadah bagi kaum perempuan untuk menyalurkan hobinya dibidang otomotif
dan membuktikan bahwa kaum perempuan juga memiliki kemampuan untuk
membentuk komunitas motor vespa. Mayoritas anggota komunitas ini masih
tergolong muda, sehingga mereka membutuhkan suatu wadah untuk menyalurkan
hobinya demi mendapatkan eksistensi. Terbentuknya komunitas ini membuat
eksistensi perempuan dalam komunitas motor vespa semakin terlihat, sebab
sebelumnya di Kota Bekasi tidak terdapat komunitas vespa yang secara khusus
memiliki anggota perempuan.
Collections
- Communication [944]