Pengaruh Inovasi Media Pembelajaran Terhadap Psikologi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mi Nurul Hasanah Jakarta Barat
Abstract
Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu upaya guru dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Psikologis merupakan bagian dari
psikologi, psikologi sendiri merupakan studi yang membahas perilaku dan pikiran
seseorang. Oleh karena itu, permasalahan dalam penelitia ini adalah bagaimana
pengaruh inovasi media pembelajaran terhadap psikologi belajar belajar sisiwa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Mi Nurul Hasanah Jakarta Barat.
Dengan demikian tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak inovasi media
pembelajaran terhadap psikologi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di Mi Nurul Hasanah Jakarta Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan
penelitian ex post facto . Obyek penelitian ini adalah psikologi belajar siswa dalam
menghadapi inovasi media pembelajaran daring sekarang ini. Sedangkan Subyek
penelitiannya adalah siswa kelas V (lima) A dan B di MI Nurul Hasanah Jakarta
Barat. Teknik penentuan informan menggunakan menggunakan teknik
Proportionate Stratified Random Sampling yang mana sampel yang digunakan
sama banyak dengan populasi yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan
Teknik angket/kuisioner. Teknik analisis data menggunakan 2 langkah teknis yaitu
analisis pra penelitian atau sebelum penelitian dan analisis hipotesis.
Hasil penelitian ini adalah Inovasi penerapan media pembelajaran secara
daring bukanlah faktor utama yang mempengaruhi psikologi belajar siswa hal ini
di tunjukan oleh nilai R-Square sebesar 0.299 atau hanya sebesar 29.9% dalam
mempengaruhi psikologi belajar siswa, dimana 70.1% di pengaruhi oleh faktor lain
di luar penelitian seperti faktor internal/faktor individu (kesehatan,bakat
siswa,minat siswa dan csra nelajar) , faktor eksternal/faktor sosial (lingkungan
tinggal,sekolah,dan keluarga).
Collections
- Islamic Education [862]