Show simple item record

dc.contributor.authorADAM FAISAL RAHMAN
dc.date.accessioned2023-05-16T02:57:20Z
dc.date.available2023-05-16T02:57:20Z
dc.date.issued2023-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/44394
dc.description.abstractPenggunaan media pembelajaran merupakan salah satu upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Psikologis merupakan bagian dari psikologi, psikologi sendiri merupakan studi yang membahas perilaku dan pikiran seseorang. Oleh karena itu, permasalahan dalam penelitia ini adalah bagaimana pengaruh inovasi media pembelajaran terhadap psikologi belajar belajar sisiwa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Mi Nurul Hasanah Jakarta Barat. Dengan demikian tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak inovasi media pembelajaran terhadap psikologi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Mi Nurul Hasanah Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan penelitian ex post facto . Obyek penelitian ini adalah psikologi belajar siswa dalam menghadapi inovasi media pembelajaran daring sekarang ini. Sedangkan Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V (lima) A dan B di MI Nurul Hasanah Jakarta Barat. Teknik penentuan informan menggunakan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling yang mana sampel yang digunakan sama banyak dengan populasi yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik angket/kuisioner. Teknik analisis data menggunakan 2 langkah teknis yaitu analisis pra penelitian atau sebelum penelitian dan analisis hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Inovasi penerapan media pembelajaran secara daring bukanlah faktor utama yang mempengaruhi psikologi belajar siswa hal ini di tunjukan oleh nilai R-Square sebesar 0.299 atau hanya sebesar 29.9% dalam mempengaruhi psikologi belajar siswa, dimana 70.1% di pengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian seperti faktor internal/faktor individu (kesehatan,bakat siswa,minat siswa dan csra nelajar) , faktor eksternal/faktor sosial (lingkungan tinggal,sekolah,dan keluarga).en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePengaruh Inovasi Media Pembelajaran Terhadap Psikologi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mi Nurul Hasanah Jakarta Baraten_US
dc.Identifier.NIM16422045


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record