Show simple item record

dc.contributor.authorUTAMI QONITA RAHMI
dc.date.accessioned2023-05-12T03:58:17Z
dc.date.available2023-05-12T03:58:17Z
dc.date.issued2023-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/44358
dc.description.abstractKeseimbangan antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual menjadi tantangan bagi tenaga pendidik untuk menyeimbangkannya dalam hal ketercapaian belajar dan tujuan pendidikan. Menjadi hal yang sangat fundamental dan sangat perlu diperhatikan, terlebih jika hal ini diterapkan pada pendidikan anak usia dini yang dimana secara perkembangan, pada fase ini anak sedang dalam fase golden age. Brainy Bunch International Islamic Montessori School Malaysia merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengadopsi metode Montessori dengan menggunakan kurikulum North American Montessori Center (NAMC) yang diimplementasikan dengan baik dan maksimal di seluruh jenjang pendidikan, terutama pada jenjang anak usia dini sebagaimana data observasi dan wawancara penulis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan fokus penelitian implementasi metode montessori dalam upaya peningkatan prestasi belajar dan pembentukan karakter religiusitas pada anak usia dini di Brainy Bunch. Dalam penentuan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling, adapun informan terpilih yaitu Chief Excecutive Officer, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Manajer dan Wakil Manajer Kindergarten, Guru Kelas Kindergarten, dan Peserta Didik Kindergarten. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan 3 teknik dalam setiap tahapannya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi data. Dan adapun pada analisis data dengan model Mattew B. Miles dan A Michel Huberman yaitu reduksi, display, dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Montessori dalam meningkatkan prestasi belajar dan membentuk karakter religiusitas pada anak usia dini di Brainy Bunch, sudah terimplementasikan dengan baik. Hasil dari implementasi metode Montessori dalam meningkatkan prestasi belajar dapat dilihat dari peserta didik mengetahui dan memahami banyak hal dalam materi pelajaran dengan sangat baik serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan hasil dari implementasi metode Montessori dalam membentuk karakter religiusitas pada anak usia dini dapat dilihat dari peserta didik mendirikan ibadah terutama sholat dengan baik dan benar, melakukan sesuatu sesuai dengan adabnya, dan berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleImplementasi Metode Montessori Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Dan Pembentukan Karakter Religiusitas Pada Anak Usia Dini Di Brainy Bunch International Islamic Montessori School Malaysiaen_US
dc.Identifier.NIM19422023


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record