Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce Atas Peran Koro-Sensei Dalam Anime Assassination Classroom Dan Relevansinya Dengan Peran Guru Dalam Pendidikan Islam
Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah banyaknya penikmat film
atau animasi yang hanya menjadikan anime sebagai tontonan hiburan saja tanpa
melihat nilai-nilai dan pesan yang terkandung di dalamnya serta kurangnya
perhatian guru dalam memahami dan menjalankan setiap peran dan tugas yang
dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran apa saja yang
dilakukan oleh tokoh Koro-sensei sebagai guru dalam anime Assassination
Classroom dan relevansinya dengan peran guru dalam pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang
digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis semiotika Charles
Sanders Pierce, yaitu teknik analisis yang digunakan untuk memahami makna yang
terkandung dalam tanda dan simbol dalam sebuah teks atau karya seni.
Hasil dari penelitian ini menunjukakan bahwa terdapat adegan dalam anime
Assassination Classroom yang dilakukan oleh Koro-sensei dalam menjalankan
peran-perannya sebagai seorang guru. Peran guru yang dilakukan oleh Koro-sensei
memiliki kaitan dengan peran guru dalam Islam yakni memahami murid sebagai
manusia, memahami kandungan pendidikan, dan mengajarkan adab.
Collections
- Islamic Education [864]