Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Doratoon Untuk Peserta Didik Sma/Sederajat Kelas Xi Ma Sunan Pandanaran Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis
doratoon untuk peserta didik SMA/Sederajat dan mengetahui kelayakan video
pembelajaran berbasis doratoon untuk peserta didik SMA/Sederajat. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan. Metode pengembangan yang digunakan
pada penelitian ini yaitu ADDIE dengan empat tahap, diantaranya analisis
(analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi
(implementation). Pada tahap analisis (analysis), dilakukan analisis kebutuhan.
Sampel yang digunakan adalah seorang guru Kimia dan dua puluh empat peserta
didik kelas XII MIPA 1 dari MA Sunan Pandanaran. Pada tahap perancangan
(design) dilakukan perancangan video pembelajaran diantaranya yaitu membuat
story board video pembelajaran dan menentukan fitur media yang digunakan. Pada
tahap pengembangan (development) dilakukan pembuatan produk berupa video
pembelajaran. Pada tahap implementasi (implementation) dilakukan uji kelayakan
produk tersebut kepada ahli media dan materi. Kemudian dilakukan hasil penilaian
kelayakan video pembelajaran yang dikembangkan pada keseluruhan aspek
memiliki skor rata-rata 44,5 dengan kategori sangat baik sehingga dapat dikatakan
bahwa video pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber
belajar.
Collections
- Chemistry Education [326]