NALISIS KEPUASAN, LOYALITAS DAN PENJUALAN PADA PERUSAHAAN YANG MELAYANI TRANSAKSI BUSINESS TO BUSINESS (STUDI KASUS: PT. KK LABEL INDONESIA)
Abstract
Tujuan laporan magang ini adalah untuk menganalisis kepuasan, loyalitas pelanggan dan penjualan pada tahun 2021 di PT. KK Label Indonesia. Laporan ini dibuat melalui pelaksanaan magang di PT. KK Label Indonesia yang memproduksi label, yang dilaksanakan selama 4 bulan, yakni selama bulan Oktober 2021 sampai Februari 2022. Kepuasan dan loyalitas pelanggan tahun 2021 di PT. KK Label sudah cukup baik. Namun, penjualan di PT. KK Label Indonesia selama tahun 2021 masih fluktuatif. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang memengaruhinya, terutama dampak pandemi Covid-19, dan faktor lainnya adalah terkait operasional dan pemasaran perusahaan. Dalam penelitian ini, sumber data yang didapatkan berasal dari data sekunder PT. KK Label Indonesia, diperoleh melalui data kepuasan pelanggan yang setiap tahunnya dikumpulkan PT. KK Label Indonesia dari para pelanggannya, dokumentasi perusahaan seperti dokumen arsip milik perusahaan, dan wawancara yang dilakukan kepada narasumber, yaitu beberapa karyawan PT. KK Label Indonesia pada lingkup pemasaran. Adapun laporan ini ditemukan bahwa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, perusahaan harus melakukan perbaikan terhadap produk dan layanannya yang banyak dikomplain oleh pelanggan. Kemudian, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, perusahaan harus responsif terhadap kualitas produk dan layanan. Serta untuk meningkatkan penjualan, perusahaan harus meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, serta melakukan perhitungan dan analisis strategi pemasaran, agar target penjualan perusahaan dapat tercapai. Hasil laporan magang ini dapat dijadikan masukan PT. KK Label Indonesia dalam memperbaiki dan meningkatkan strategi pemasaran.
Collections
- Management [4527]