PENGARUH CREATIVE PROCESS ENGAGEMENT TERHADAP KINERJA PRODUK BARU DI UKM YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Creative
Process Engagement (CPE) terhadap kinerja produk baru pada UKM di
Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari
tanggapan responden melalui kuesioner yang dibagikan kepada 59 responden. Para
responden tersebut merupakan pemilik dan penanggung jawab yang diamanahkan
oleh pemilik UKM di Yogyakarta untuk mengawasi karyawan/pekerja dalam
melakukan tugas yang melibatkan pengembangan ide, metode, dan pendekatan
baru untuk menarik pasar produk kompetitif. Para pemilik dan penanggung jawab
ini memiliki pengetahuan terperinci terkait salah satu divisi/departemen berikut:
R&D, proses desain dan manajemen produk baru, atau operasi sistem bisnis.
Penelitian dilakukan dengan melakukan pengisian kuesioner oleh 59 pemilik dan
penanggung jawab UKM terkait R&D dari 59 perusahaan di provinsi DIY
(Yogyakarta). Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM)
untuk menghitung analisis penelitian. Penelitian ini telah membuktikan bahwa
Problem Identification (PI) berpengaruh secara negatif terhadap Kecepatan NPD,
Information Search and Encoding (ISE) tidak berpengaruh secara positif terhadap
Kecepatan NPD serta Idea and Alternative Generation (IG) berpengaruh secara
positif terhadap Kecepatan NPD
Collections
- Management [4552]