Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing melalui Inovasi Produk sebagai Variable Intervening
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh orientasi pasar
terhadap keunggulan bersaing melalui inovasi produk sebagai variable intervening (studi
kasus: Fremilt). Penelitian ini dilakukan kepada konsumen fremilt. Dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif, data penelitian ini dikumpulkan dari 50konsumen fremilt. Partial
least square (PLS) digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini dengan
menggunakan SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan dari
orientasi pasar pada inovasi produk, teradapat pengaruh positif signifikan dari inovasi
produk pada keunggulan bersaing, dan terakhir terdapat pengaruh orientasi pasar terhadap
keunggulan bersaing yang dimediasi inovasi produk. Selain itu, ditemukan pengaruh
secara langsung orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing lebih besar daripada
pengaruh tidak langsung orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing melalui inovasi
produk.
Collections
- Management [4548]