PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, LIQUIDITY, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh investment
opportunity set, liquidity, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba
pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2015-
2017. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis
data regresi linear berganda menggunakan alat bantu SPSS. Sumber data yang
digunakan termasuk sumber data sekunder yaitu laporan keuangan dari 50
perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2015-2017.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial investment opportunity set
(IOS) tidak berpengaruh terhadap kualitas laba dengan nilai signifikansi 0,216 dan
nilai t hitung -1.241, likuiditas berpengaruh positif terhadap kualitas laba dengan
nilai signifikansi 0,01 dan nilai t hitung 0,373, leverage berpengaruh positif
terhadap kualitas laba dengan nilai signifikansi 0,031 dan nilai t hitung 0,256,
ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kualitas laba dengan nilai
signifikansi 0,530 dan nilai t hitung 2,718. Sedangkan secara simultan, hasil
koefisien determinasi menunjukkan bahwa investment opportunity set (IOS),
liquidity, leverage, dan ukuran perusahaan manufaktur berpengaruh terhadap
kualitas laba sebesar 75,3%.
Collections
- Management [4703]