Pengaruh E-Gaya Hidup Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Pada Generasi Z di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh e-gaya hidup terhadap loyalitas
pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan Pada Generasi Z di
Yogyakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang
aktif menggunakan layanan operator selule. Konsumen merupakan individu yang
tergolong generasi Z di wilayah Yogyakarta, jumlah sampel ada 208. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling karena
sampel yang dipilih adalah generasi Z, metode penelitian penelitian yang digunakan
adalah metode kuantitatif dengan cara peneliti menyebar kuisioner melalui google
form yang dibagikan melalui media sosial kepada responden. Penelitian ini
menggunakan analisis model persamaan struktural atau SEM (Structural Equation
Modeling) yang diolah menggunakan smartPLS. Hasil analisis data dalam
penelitian ini menunjukkan e-gaya hidup berpengaruh positif terhadap kepuasan
pelanggan, kepuasan pelanggan memiliki efek positif pada loyalitas, dan kepuasan
pelanggan juga memediasi hubungan antara e-gaya hidup dan loyalitas.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, secara garis besar e-gaya hidup berpengaruh
positif terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan memediasi hubungan
antara e-gaya hidup terhadap loyalitas secara positif.
Collections
- Management [4550]