Analisis Anteseden Keterikatan Pelanggan dan Pengaruhnya terhadap Keintiman Merek pada Media Sosial : Studi pada Merek Fashion Muslim
Abstract
Munculnya internet di seluruh dunia dapat membantu pekerjaan manusia
dalam kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah seperti media komunikasi,
edukasi, informasi dan lainnya. Seiring berkembangnya internet, maka
berkembang pula penggunaan media sosial. Oleh karena itu, banyak perusahaan
yang memanfaatkan media sosial Instagram untuk memasarkan produknya,
contoh perusahaan fashion muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
anteseden keterikatan pelanggan dan pengaruhnya terhadap keintiman merek:
studi pada merek fashion muslim. Teknik yang digunakan untuk mengambil
sampel yaitu convenience sampling sebanyak 200 responden. Kriteria sampel
yaitu orang yang memiliki akun media sosial Instagram dan mengikuti salah satu
akun Instagram Hijup, WearingKlamby, dan Vanilla Hijab. Teknik analisis yang
digunakan yaitu SEM dan diolah menggunakan software AMOS versi 22. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa mencari saran, ekspresi citra diri, keterlibatan
fashion memengaruhi secara positif keterikatan pelanggan dan keterikatan
pelanggan secara positif memengaruhi keintiman merek. Dari hasil penelitian
diharapkan dapat membantu Hijub, WearingKlamby maupun Vanilla Hijab untuk
melakukan strategi yang tepat di Instagram dengan cara memposting konten
secara teratur, bermitra dengan influencer, melakukan siaran langsung agar bisa
terhubung dengan pengikut guna untuk menciptakan keintiman merek dengan
pelanggan.
Collections
- Management [4552]